Senin, 04 Oktober 2010

BELAJAR DENGAN SIMULASI NETWORK

 Seperti judulnya, saya akan berbagi sedikit dengan anda informasi yang tidak penting tapi lumayan membantu bagi yang tidak tau. bagi anda yang sudah tau sih tinggal di back to home saja :) .
disebuah malam yang indah ada keinginan untuk belajar kembali membangun sebuah network dari yang kecil samapi dengan network besar, akan tetapi prasarana untuk di korbankan tidak ada yang tersedia, wah jangan khawatir karena saya ingat dengan sebuah software simulasi network yang bernama Packet Tracer, memang sih banyak sekali simulasi network, tapi yang saya nikmati dan rasakan kenyamanannya yaitu software ini.
adapun aplikasi simulasi network merupakan sebuah aplikasi dimana kita bisa merancang sebuah/banyak network di sebuah aplikasi yang disitu kita bisa memtakan mau seperti apa sih network yang akan kita rancang, kemudian kita juga bisa memilih seri-seri yang ada, misalkan pada saat kita memasang switch maka disana akan banyak sekali jenis-jenis switch yang tersedia, tidak ketinggalan juga disana ada berbagai jenis kabel, router,wireless device , end user, hub, dll.
seperti halnya komputer atau device sungguhan, kita juga bisa mengisikan hostname, ip address, dan masih banyak lagi konfigurasi yang bisa kita lakukan di device yang kita pakai di simulasi network tersebut.
kita kembali ke pembahasan packet tracer, yang dimana software ini dikembangkan oleh perusahaan yang terkenal masalah jaringan yaitu Cisco, anda tentu tau donk apa itu cisco, Cisco adalah sebuah merek perusahaan yang bergerak di bidang jaringan baik itu circuit switching maupun packet switching.
Packet Tracer adalah software yang sangat bagus yang bisa kita dapatkan secara gratis dari internet.
berikut tampilan packet tracer beserta dengan contoh mini network:
nah, seperti itulah tampilannya, dan di dalamnya juga kita bisa mempergunakan berbagai macam pengetesan jaringan seperti yang terdapat di komputer misalkan command line, ya disana juga ada, bagi anda yang berminat dan ingin men-downloadnya bisa download di link berikut:
tenang saja, karena ini aplikasi gratis jadi bisa di sebarkan :) bagi anda yang berminat saya ucapkan Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar